Saturday, November 11, 2006

siapa saya?
-sebuah pemikiran liar di tengah himpitan deadline-

"Ah, saudara, manusia ini kenal satu sama lain, tapi tidak dengan dirinya sendiri...

Memang tidak ada hasilnya untuk kemakmuran kita hendak mengenal diri karena dia takkan menghasilkan kekayaan,"
-Pramoedya Ananta Toer

kutipan ini diambil dari buku Pram yang berjudul 'Midah.'
Sebetulnya, Pram juga sudah pernah menuliskan mengenai keterasingan manusia dengan diri sendiri ini -demikian aku menyebutnya- dalam bukunya 'Percikan Revolusi Subuh.'
Di situ dia menulis-aku lupa spesifiknya seperti apa- kira-kira seperti ini.
umur manusia terlalu singkat untuk mengenal dirinya sendiri apalagi untuk mengenal orang lain. Padahal, mengenal diri sendiri merupakan puncak kebahagiaan manusia.


God, gw tersadar
i wonder....
apakah keterasingan manusia dengan dirinya sendiri ini juga dialami Tuhan ya?
Mengingat dalam kitab Perjanjian Lama, 'Kejadian' Tuhan menciptakan manusia sesuai dengan rupa dan gambarNya. Makanya dia ciptakan manusia sebagai miniatur diriNya.
hahahaha....
Ngomong-ngomong soal kebahagiaan, kemarin gw melontarkan pernyataan bahwa uang bukan jaminan bagi kebahagiaan manusia.
karena pernyataan ini, gw dikatain nenek-nenek umur 60 tahun...hmmm...
gw berpikir, kebahagiaan itu sama relatifnya dengan teori relativitas Einstein....

No comments:


someone said, every story has it end. But in life, ending is a new beginning for other stories.